Jumat, 30 September 2011

cerita di balik abbey road

Abbey Road adalah nama sebuah jalan yang terletak di utara kota London – inggris, di jalan ini pula terdapat sebuah studio rekaman sangat terkenal yaitu “ The Abbey Road Studios”, yang terletak di ujung jalan. Di studio ini pula hampir 90% dari album The Beatles direkam.
Pada bulan April 1969, The Beatles datang bersama-sama untuk merekam album terakhir mereka sebagai sebuah kelompok yang berjudul “Abbey Road“, album ini menjadi karya terlaris mereka. Yang menarik dari album ini dalah cover dari piringan hitam (LP) tersebut.
abbeyroad-album
“Personil The Beatles berjalan menyeberangi zebra cross yang terdapat di persimpangan Abbey Road.” Ini lah gambar dari cover yang terdapat pada album Abbey Road.

abbey_road_album_cover_outtakes
Gambar: www.beatlesgifts.com
Foto ini diambil pada tanggal 8 Agustus 1969 pukul 11.35, proses pengambilan foto ini hanya dilakukan dalam waktu 10 menit dengan 6 kali jepretan, oleh seorang fotografer “Iain Macmillan”, hasil jepretan foto yang ke-5 yang kemudian di pilih menjadi cover album yang kemudian menjadi sangat terkenal dan “Most Iconic” dalam sejarah music pop, hal ini sangat beralasan; album ini menginspirasi imitasi/plagiat bagi group band lainnya dan melahirkan konspirasi teori public tentang berbagai hal yang ada pada album Abbey Road.
Beberapa karya foto/gambar yang terinspirasi oleh Abbey Road Album; The Red Hot Cili Pepers, The Simpsons Album, Teletubbies, J Rocks asal Indonesia, KanYe West, New York City band, Sttellla, dan masih banyak yang lain.
Simpson-Abbey-Road
Gambar: www.bloggersbase.com

teletubbies-abbey-roads
Gambar: www.bloggersbase.com

JRocks-Abbey-Road
Gambar: www.google.com
Kita kembali ke cerita cover album The Beatles – Abbey Road; Keempat anggota The Beatles menggunakan setelan baju yang berbeda: John Lennon berjalan paling depan dengan menggunakan setelan rapih serba putih seperti seorang pastor, sedangkan Ringo Starr berjalan di belakang John Lennon dengan setelan jas hitam seperti petugas pengangkut jenazah dan Paul McCartney berjalan dengan setelan jas santai tanpa menggunakan alas kaki!, dan dengan rokok di tangan kanan, sedangkan George Harrison berjalan paling belakang dengan gaya tidak resmi dan santai.
Pada bagin sebelah kanan latar belakang foto, terdapat mobil polisi dan seorang lelaki yang berdiri melihat keempat anggota The Beatles, namun menurut trendrabbit.com pada saat pengambilan foto ini kondisi yang ada pada saat itu bukan sengaja di atur sedemikian rupa, tetapi kondisi tersebut adalah kondisi apa adanya. Yang menarik pada bagian ini, siapakah sebenarnya lelaki yang sedang berdiri tersebut? Ternya dia adalah “Paul Cole” berasal dari Florida tidak mengenal dan tidak pernah mendengarkan album The Beatles.
Paul-Cole-abbay-roads
Paul Cole - memperlihatkan fotonya yang terdapat pada cover Abbey Road Album, yang tidak pernah di duganya
Menurut Steve Lome; pada saat itu Paul Cole sedangkan berlibur di london bersama istrinya pada tahun 1969, ia tidak mengenal group band dunia yang paling terkenal pada saat itu, menurut Cole; ia hanya melihat “sekelompok orang aneh” yang mondar-mandir menyeberang jalan di depannya. Hampir setahun kemudian, ia melihat album ini secara kebetulan ketika istrinya, seorang pemain orgen gereja, membuat catatan untuk bermain pada acara pernikahan. Saya melihatnya pada sandaran keyboard,” Cole ingat, “dan saya berkata, Hei itu empat orang aneh! Itu, aku ada di sana!” meskipun itu kebetulan, pensiunan salesman ini tidak pernah menikmati The Beatles.
Saya belum pernah mendengar album Abbey Road,” kata Cole, “Aku, telah melihat The Beatles di televisi dan telah mendengar beberapa lagu mereka Ini bukan jenis musik saya. Saya lebih suka musik klasik!
Masih banyak analisa lainya, mengenai kondisi yang ada pada foto cover album Abbey Road ini, pada kesempatan lain akan saya coba lanjutkan ceritanya, bagi teman-teman pembaca yang memiliki info tentang foto ini silahkan tulis di form comment.
Reverensi: www.trendrabbit.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar