Rabu, 19 Oktober 2011

Dewa Dewi Mesir


Dewa Dewi Mesir / God Of Egyptian mitologi mesir kuno

  Mesir kuno memang dipenuhi oleh mitologi-mitologi. karena mesir kuno penganut Politheis (pada masa pharaoh), atau berdewa banyak.




 Eye of Horus

Dewa paling tinggi pada mitologi mesir kuno adalah Horus, dewa berkepala burung yang berada di atas kekuasaan sang Pharaoh. Horus juga disebut sebagai Ra, atau dewa Matahari. yang memiliki kekuasaan tertinggi, sehingga jika ada orang berjalan dihadapan patung nya, harus dengan langkah kaki kiri di depan sebagai lambang mempersembahkan jantung.

lalu selanjutnya adalah Anubis sang dewa penghubung antar dunia sekarang dengan alam baka. Anubis digambarkan selalu membawa benda seperti salib yang merupakan tongkat untuk menghidupkan kembali sang mayat di alam baka.
1.Hathor


Dalam mitologi Mesir, Hathor (Diucapkan Hwt-Hor) (Mesir untuk Rumah horus) pada awalnya suatu pengejawantahan dari Bimasakti, yang dipandang sebagai susu yang dialirkan dari udders dari langit sapi. Hathor adalah dewi kuno, dan disembah sebagai dewa-sapi dari sekurang-kurangnya 2700 SM selama Dinasti kedua.


2.Bast


Dalam mitologi Mesir, Bast (juga dieja Ubasti, dan kemudian Bastet) adalah sebuah perang kuno matahari dan dewi, menyembah setidaknya sejak Dinasti Kedua. Pada akhir dinasti-dinasti, para imam Amun dari mulai panggilan dia Bastet, dan kecil yang berulang-ulang formulir setelah peran mereka dalam panteon menjadi melorot sebagai Sekhmet, singa betina yang sama dewa perang, menjadi lebih dominan dalam unified budaya Mesir Atas dan Bawah. Dalam Kerajaan Tengah, cat muncul sebagai Bastet's sakral binatang dan Kerajaan Baru setelah dia digambarkan dengan seorang wanita dengan membawa kepala kucing yang sakral gemeretuk dan kotak atau keranjang.

3.Thoth

Thoth adalah nama yang diberikan oleh Yunani ke Mesir Djeheuty Tuhan. Thoth adalah dewa hikmat, penataan menulis, pelindung dari ahli-ahli Taurat dan ilahi mediator. Dia adalah paling sering diwakili sebagai manusia dengan kepala yang ibis, mengadakan tulisan palet alang-alang dan pena. Dia juga dapat ditampilkan sepenuhnya sebagai ibis atau yakis.Seperti kebanyakan dewa Mesir terdapat berbagai cerita tentang asal usul dari Thoth. Banyak sumber panggilan dia putra RE, tetapi satu tradisi telah dia air mata keluar dari kepala Set. Kedua cerita ini adalah kenangan yang lahir dari Yunani Dewi Athena, yang seperti Thoth adalah pelindung ketuhanan dari hikmat.


4.Isis 

Salah satu yang paling populer dewi di Mesir. Isis masuk ke dalam Ennead Heliopolis, dan menurut Heliopolitan silsilah adalah puteri Seb dan Mete, saudara perempuan dan istri Osiris. Mungkin dia yang awalnya pengejawantahan dari takhta (ia adalah nama yang ditulis dengan tulisan rahasia untuk takhta), dan untuk itu ia merupakan sumber daya yang Firaun. Dalam waktu Helenistik Isis adalah protrectress dari pelaut.Dalam Osiris mitos Isis mencari suaminya tubuh, yang dibunuh oleh saudara Set. Dia diambil kembali dan badan, dan dalam kaitan ini ia mengambil peran di sebuah dewi yang mati dan hak-hak dari pemakaman. Isis hamil dari Osiris' tubuh dan memberi melahirkan horus di rawa-rawa yang Khemnis di Delta Nil. Di sini dia dibangkitkan anaknya di rahasia dan dipelihara dia jauh dari Set. Horus Set dikalahkan dan kemudian menjadi penguasa pertama dari Indonesia Mesir. Isis, sebagai ibu horus, adalah melalui perpanjangan dianggap sebagai pelindung dan ibu dari Firaun. Dia disembah sebagai dewi-ilahi ibu, istri setia dari Osiris, dan didedikasikan ibu horus.


5.Shu

Shu adalah putra Atum dan suami dari saudara-Tefnut. Dia adalah salah satu dewa pertama yang akan dibuat oleh Atum, baik dari air mani atau muscus dari notrils. Dengan Tefnut dia menjadi ayah dari Shu (langit) dan Seb (bumi). Dia mengemukakan tubuh anak perempuannya tinggi di atas bumi dan dipisahkan sehingga langit dan bumi.Sambungan dari Atum dan Re, sebagai Atum-Re, yang membuat Shu 'putra Re' dan seperti yang saudara dari raja Mesir (panggilan dirinya yang satu 'anak' juga. Shu digambarkan dalam bentuk manusia yang memakai bulu burung unta (dalam tulisan rahasia untuk nama-Nya), dengan lengan dibangkitkan untuk mendukung Nut terlentang di atas bentuk saudara GEB.

6.Nut

NUT (diucapkan newt) adalah putri TEFNUT dan SHU.Nut adalah dewa langit. She's a B.B.W. (Wanita Biru Besar), sangat besar dan kemudian ditutup dengan bintang.


7.Ra/Amun-Ra
 

Ra (Re atau Amun-Ra) adalah dewa matahari Mesir Kuno. Ra juga dianggap sebagai dewa tertinggi dalam kebudayaan Mesir Kuno.


8.Anubis 

Anubis adalah Dewa kegelapan dan kematian.Dia yang purba putra dahsyat NEPHTHYS bersinar dan RA, dan jauh terlalu besar untuk putra Dewi Sapi HESA sebagai sumber beberapa klaim. Kematian adalah usaha yang serius untuk orang dahulu dan Anubis memerintah atas dengan suram keagungan sampai Osiris mengambil alih pekerjaan.


9.Geb


GEB adalah putra dan Shu Tefnut dan saudara dan suami dari Nut. Melalui Nut dia empat anak, Osiris, Isis, Set dan Nephthys.

GEB adalah dewa bumi. Meskipun demikian,GEB petunjuk yang mati ke langit dan ia memberi mereka daging dan minuman.Adalah menarik untuk dicatat bahwa sementara sebagian besar dalam budaya yang terkait dengan dewa bumi dan karunia itu adalah seorang wanita ( "Ibu Pertiwi", Demeter dari Yunani, dsb ..), orang Mesir memilih laki-laki untuk peran ini


10.Sekhmet 
http://www.thecenteroflight.net/ctrimages/Sekhmet.399px-GD-EG-KomOmbo016.jpg

Menurut cerita yang dikenal sebagai " Pemusnahan Manusia" Sakhmet adalah "Mata dari Re", sebuah dendam aspek yang biasanya penuh kebaikan dewi Hathor. Re tuhan matahari Sakhmet dikirim untuk membunuh manusia yang plotting pada plotter terhadapnya. Sakhmet menjadi begitu antusias, tapi dia tugas yang hampir semua umat manusia rawa. Kembali dicegah oleh pembodohan ini dia menjadi minum bir dalam jumlah besar yang telah berwarna agar terlihat seperti darah. Mabuk dewi yang telah memutuskan untuk membantai dan kemanusiaan yang telah disimpan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar